Segmen 250cc … Segmen “mata belo” bin melek informasi
Di segemn 250cc ini apalagi di indonesia mayoritas mereka berasal dari kalangan menengah atas dan atas. Artinya secara ekonomi mereka pastinya mapan ;) selain itu buat konsumen di indonesia mereka yang mau mengeluarkan uang sekitar 50 jetian cuma buat motor pastinya mereka adalah “biker” enthusiast. Jadi segalam macam informasi mengenai motor baik dari segi teknologi, pricing dan performace dipastikan sudah dipahami betul oleh konsumen. Nah istilah pembodohan otomotif atau jualan jargon yah gak laku disini !
Di segemn 250cc ini apalagi di indonesia mayoritas mereka berasal dari kalangan menengah atas dan atas. Artinya secara ekonomi mereka pastinya mapan ;) selain itu buat konsumen di indonesia mereka yang mau mengeluarkan uang sekitar 50 jetian cuma buat motor pastinya mereka adalah “biker” enthusiast. Jadi segalam macam informasi mengenai motor baik dari segi teknologi, pricing dan performace dipastikan sudah dipahami betul oleh konsumen. Nah istilah pembodohan otomotif atau jualan jargon yah gak laku disini !
Fitur… yah memang fitur terbaru dari CBR jangan dianggap remeh.. walaupun ridertua tidak memandang sebelah mata kelebihan double silinder Ninja dengan suara stereonya.. :mrgreen: coba kalau orang disuruh milih “pakai ABS atau yang enggak pakai ABS dengan harga sama?? ” kata2 ABS saja sudah mempunyai nilai lebih dimata konsumen tanpa harus tau fungsi secara njlimet..dan ngertinya ABS itu adalah fitur safety..
CBR 250R dan Ninja 250R Tampak Depan
Perang Harga … karena mereka kritis!
Meski mayoritas berasal dari ekonomi menengah atas, perang harga juga berlaku disini. kenapa? karena sebaliknya, di segmen ini mereka lebih kritis mengenai value for money sebuah barang. Apalagi motor. Mereka biasanya akan mentitik beratkan pada 3 sektor utama, yaitu Harga vs Teknologi & Performa, Harga vs Branding dan Harga vs Resale value. Jadi gak serta merta cuma karena brand sebuah produk akan lebih dilirik. Sebaliknya konsumen disini akan melihat benar sesuaikah fitur dan performa motor dengan bandrolnya. Meski lebih inferior tapi jika harganya lebih reasonable bisa jadi produk tersebut lebih diminati!
Satu silinder – adalah Achilles heels bagi CBR 250 !
Meski sudah dibahas ampe bebusa, tapi 1 silinder pada CBR 250 akan menjadi titik terlemah. Soalnya kondisi ini jelas jelas akan menguntungkan Ninja 250R. karena dalam branding 2 selalu lebih baik dari 1 dan sialnya 1 kalah performa dibanding 2. Kendati mesin 1 silinder Honda CBR lebih superior buat dipakai harian tetapi tetap saja bagi biker enthusiast 2 silinder menawarkan sesuatu yang berbeda :D termasuk top speed! Buat apa top speed? Gengsi lah! nah makanya di Segmen 250cc ini terjadi sesuatu yang menarik, yaitu segmen transisi. 'indobikermags'
Meski sudah dibahas ampe bebusa, tapi 1 silinder pada CBR 250 akan menjadi titik terlemah. Soalnya kondisi ini jelas jelas akan menguntungkan Ninja 250R. karena dalam branding 2 selalu lebih baik dari 1 dan sialnya 1 kalah performa dibanding 2. Kendati mesin 1 silinder Honda CBR lebih superior buat dipakai harian tetapi tetap saja bagi biker enthusiast 2 silinder menawarkan sesuatu yang berbeda :D termasuk top speed! Buat apa top speed? Gengsi lah! nah makanya di Segmen 250cc ini terjadi sesuatu yang menarik, yaitu segmen transisi. 'indobikermags'
Harga ini diambil megingat, honda CBR 250 dijual di Thailand seharga 100 ribu bath, dan jika dikonversi ke rupiah maka sekitar 30 jutaan. PT Astra Honda Motor pun akan memproduksi CBR khususnya 250 R ke tanah air pada semester I tahun 2011
Dari tampilannya, CBR 250Ryang baru tampak fresh dengan garis disain modern. Dapur pacunya dibekali liquid cooled, 4 tak DOHC , mesin CS250RE, dan single silinder yang memiliki kapasitas bersih 249 cc serta boreXstroke 76×55 dan rasio kompresi 10,7.
Selain fitur diatas, mesin motor ini mempunyai transmisi 6 percepatan dan sistem injeksi khas Honda,programmed fuel injection system (PGM-FI). Dengan fitur2 semacam ini, membuat motor tersebut ramah lingkungan dengan standar emisi Euro3.
CBR kemungkinan (berdasarkan di thailand) akan dilepas dengan dua tipe yakni versi standar tipe full spec yang dilengkapi fitur ABS yang menyokong sistem pengereman CBR 250 sendiri merupakan fitur ABS pertama yang diaplikasi di motor 250 cc. Biasanya fitur ini banyak digunakan di mobil atau motor dengan kapasitas mesin besar.
Jadi apakah honda CBR 250 akan menjadi pilihan motor sport pada tahun 2010, 2011 atau 2012. Kita lihat saja nanti. Gambar diatas diambil sewaktu digelarnya Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.
Dari tampilannya, CBR 250Ryang baru tampak fresh dengan garis disain modern. Dapur pacunya dibekali liquid cooled, 4 tak DOHC , mesin CS250RE, dan single silinder yang memiliki kapasitas bersih 249 cc serta boreXstroke 76×55 dan rasio kompresi 10,7.
Selain fitur diatas, mesin motor ini mempunyai transmisi 6 percepatan dan sistem injeksi khas Honda,programmed fuel injection system (PGM-FI). Dengan fitur2 semacam ini, membuat motor tersebut ramah lingkungan dengan standar emisi Euro3.
CBR kemungkinan (berdasarkan di thailand) akan dilepas dengan dua tipe yakni versi standar tipe full spec yang dilengkapi fitur ABS yang menyokong sistem pengereman CBR 250 sendiri merupakan fitur ABS pertama yang diaplikasi di motor 250 cc. Biasanya fitur ini banyak digunakan di mobil atau motor dengan kapasitas mesin besar.
Jadi apakah honda CBR 250 akan menjadi pilihan motor sport pada tahun 2010, 2011 atau 2012. Kita lihat saja nanti. Gambar diatas diambil sewaktu digelarnya Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.
Kawasaki Ninja 250R adalah varian terbaru dari Kawasaki Ninja dengan mesin 249 cc, menggiurkan bagi para pengguna motor balap. Motor balap yang sudah menjadi pembicaraan sejak tahun 2007 ini diproduksi di Thailand dan masuk ke Indonesia dipertengahan 2008. Dengan rasio kompresi 1 : 11.6, Ninja 250 R memang cukup menguras kantong karena dia meminum BBM sekelas Pertamax plus. Meski demikian, hal ini sepadan dengan kemampuannya, si Ninja memiliki tenaga maksimum 11.000 putaran per menit (rpm) dan torsi maksimum yang dihasilkannya 9.500 rpm.
Spesifikasi Ninja 250R mungkin akan mirip-mirip 150RR dengan berbagai perbaikan dan peningkatan kinerja. Informasi dari Kompas, Ninja 250R dilepas dengan harga Rp. 44 juta, padahal banderol diluar negeri berkisar pada angka US$ 3499. 'vavai'
Spesifikasi Ninja 250R mungkin akan mirip-mirip 150RR dengan berbagai perbaikan dan peningkatan kinerja. Informasi dari Kompas, Ninja 250R dilepas dengan harga Rp. 44 juta, padahal banderol diluar negeri berkisar pada angka US$ 3499. 'vavai'
Secara fisik, baik Honda CBR 250R maupun Kawasaki Ninja 250R memiliki kekuatan yang hampir sama, design body yang sama-sama apik, akselerasi mesin yang hampir mirip karena memang sama-sama memiliki mesin 250cc. Namun masalah berat, terasa lebih ringan Honda CBR 250R.
Bentuk speedometer Honda CBR 250R dianggap menjadi sebuah kelemahan tersendiri karena hanya memiliki satu analog yang menyulitkan para pengguna motor, tidak seperti halnya dengan Kawasaki Ninja.
Seberapa menarikkah fitur dan desain baru bagi konsumen..?? Bisa jadi fitur adalah bagian yang bisa langsung “dinikmati” oleh mata baik motor dalam keadaan jalan atau berhenti… apalagi sekarang trend motor “utamakan tampilan” performa nomor dua..maka jualan akan laris.
Mungkin pasarlah nanti yang menentukan, Motor sport 250CC manakah yang akan berjaya di lapangan. Honda CBR 250R atau Kawasaki Ninja 250R?
Bentuk speedometer Honda CBR 250R dianggap menjadi sebuah kelemahan tersendiri karena hanya memiliki satu analog yang menyulitkan para pengguna motor, tidak seperti halnya dengan Kawasaki Ninja.
Seberapa menarikkah fitur dan desain baru bagi konsumen..?? Bisa jadi fitur adalah bagian yang bisa langsung “dinikmati” oleh mata baik motor dalam keadaan jalan atau berhenti… apalagi sekarang trend motor “utamakan tampilan” performa nomor dua..maka jualan akan laris.
Mungkin pasarlah nanti yang menentukan, Motor sport 250CC manakah yang akan berjaya di lapangan. Honda CBR 250R atau Kawasaki Ninja 250R?
0 komentar:
Posting Komentar